Saat ini sebanyak perusahaan yang bergerak di bidang IT, mulai merambah bisnis yang tergolong baru yaitu Managed Service. Secara garis besar Managed Service hampir sama dengan outsourcing, tetapi proses nya lebih komprehensif karena dengan bahasa ‘managed’ dapat ditafsirkan lebih luas dalam hal pekerjaan nya.
Managed Service Dalam Pekerjaan
Secara fungsi dan pekerjaannya, Manage Service ataupun outsource bertujuan untuk efektifitas dan efiesiensi pekerjaan dan dilihat dari sisi bisnis, karena trend yang berlaku saat ini merupakan menyerahkan pekerjaan yang memiliki sifat operasional guna pihak ketiga sehingga, pihak perusahaan hanya menjalankan kebijakan-kebijakan yang akan diterapkan di lingkungan kerja nya terutama dalam lingkup Information System nya.
Untuk menjadi provider Managed Service tidak semudah yang dibayangkan, bahwa MS menyiapkan personil siap pakai yang akan menggarap pekerjaan operasional di customer, tetapi lebih luas lagi dimana dalam hal MS, harus mengetahui kebutuhan dari sisi customer; apakah pekerjaan yang akan dilakukan mempunyai tingkat krusial yang tinggi atau hanya sekedar menjalankan pekerjaan helpdesk. Dalam pekerjaan sehari-hari nya memang outsource dan MS jadi mengarah ke hal yang sama, karena sama-sama menjalankan pekerjaan yang diminta customer dalam hal operasional harian nya, akan tetapi Managed Service Indonesia lebih detail sampai dalam hal memberikan masukan, ide-ide, saran, mengaku metode-metode kerja bahkan sampai dengan hal memutuskan langkah-langkah terbaik untuk tujuan organisasi customer.
Jika lebih dipersempit MS dalam bidang IT, biasanya customer akan memilih tenaga siap pakai yang lebih berpengalaman dalam bidang nya masing-masing, dengan tujuan operasional yang diserahkan terhadapnya akan lebih mudah dikerjakan dan customer lumayan mengerjakan verifikasi dan menerima laporan.
Managed Service tidak selalu diartikan bahwa personil akan ditempatkan di tempat customer, akan tetapi bisa juga dilakukan dari remote site atas kesepakatan customer dan provider, sehingga service atau layanan yang di berikan provider MS dapat mengisi standar yang diterapkan oleh customer.
Managed Service di Indonesia
Di Indonesia MS termasuk baru, karena trend MS baru mulai dilangsungkan di Indonesia sekitar 3 tahun belakangan ini, dimana berbeda dengan outsourcing yang sudah berjalan cukup lama. Hal ini dapat diakibatkan sebab masalah resources atau sumber daya dan provider yang mungkin harus hati-hati dalam menjalankan bisnis MS ini, dimana sisi sumber daya menjadi hal penting dalam menjalankan bisnis Managed Service Indonesia.
Mungkin masih ada alasan-alasan lain yang menjadi dasar perusahaan menggunakan jasa MS dari provider sehingga peningkatan mutu kerja bisa dicapai dari sisi operasional dan bisnis.
Apakah keuntungan hanya didapat oleh customer?; tidak, karena provider bisa menjadikan bisnis ini menjadi bisnis yang ’basah’, tergantung kesepakatan service atau layanan antara customer dan provider.
Untuk menjadi provider Managed Service Indonesia dibutuhkan paling tidak orang yang bisa tidak hanya melulu dari sisi teknis, karena yang diatur disini bukan hanya sisi teknis nya, tapi juga bagaimana me’maintain’ team sebagai asset nya dan juga me’maintain’ customer sebagai ’source of project’, kehilangan kepercayaan berarti butuh waktu panjang untuk memulihkannya, karena bisnis service seperti ini tidak menutup dapat jadi bakal menjadi bisnis besar di kemudian hari.
0 Komentar untuk "Pekerjaan Lebih Efisien Menggunakan Managed Service"